SEKILAS INFO
26-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / Sekolah Tinggi Perikanan & Kelautan Matauli Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022
18
Sep 2018
0
Potensi Maritim Indonesia Belum Dikelola Profesional

Pandan – Potensi maritim Indonesia, termasuk di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sangatlah besar. Namun sayangnya, selama ini belum dikelola secara profesional dan maksimal oleh masyarakat disebabkan minimnya sumber daya manusia (SDM) untuk mengelolanya.

Untuk itulah, Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), organisasi tokoh-tokoh putra daerah asal Tapteng Sibolga di perantauan yang selama ini telah mampu melahirkan alumni-alumni berkualitas melalui SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan kembali hadir dengan mendirikan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli.

Keberadaan STPK Matauli ini direncanakan akan mampu mencetak sarjana-sarjana berkualitas yang nantinya diharapkan mampu memaksimalkan potensi maritim didaerah ini.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Matauli Dr Ir Akbar Tandjung saat memberikan kuliah umum perdana semester awal kepada 51 mahasiswa STPK Matauli Angkatan I di Ruang Audiovisual SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Senin (17/9).

“Potensi maritim kita di Tapteng ini, baik sektor perikanan maupun kelautan sangat besar, namun belum dikelola secara profesional dan maksimal akibat minimnya SDM. Namun kita berharap, tantangan ini dapat kita jawab minimal dalam 4 sampai 5 tahun kedepan. Setelah angkatan I STPK Matauli ini berhasil menyerap ilmu yang diajarkan di STPK Matauli ini,” katanya didampingi Wakil Ketua Yayasan Matauli, Ir Ridwan Pasaribu, Sekretaris Yayasan, Dr Ir Ali Murtopo, Ketua STPK Matauli, Dr Ir Joko Samiaji, Kepala Sekolah SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Murdianto SPd MM dan segenap dosen pengajar.

Dijelaskan mantan menteri dan Ketua DPR RI itu lebih lanjut, selama ini banyak masyarakat pesisir Tapteng sekitarnya yang kurang berminat untuk memilih kuliah dibidang perikanan dan kelautan disebabkan asumsi sempitnya ruang lingkup pekerjaan, padahal asumsi tersebut tidak benar.

“Ruang lingkup lapangan pekerjaan bagi alumni bidang kelautan dan perikanan ini sebenarnya sangat luas, baik untuk wiraswasta, pekerja swasta maupun ASN. Apalagi sektor maritim saat ini menjadi salah satu sektor utama dalam program Nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah. Asalkan para mahasiswa serius belajar, kami yakin akan mampu mencetak SDM yang mumpuni, karena Yayasan Matauli ini sangat serius untuk mengembangkan STPK Matauli ini,” katanya.

Sebelumnya, Ketua STPK Matauli, Dr Ir Joko Samiaji M Sc dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 78 mahasiswa yang mendaftar, saat ini STPK Matauli menerima 51 orang mahasiswa Angkatan I yang tidak hanya berasal dari Sumatera Utara, namun juga berasal dari luar daerah, seperti Jakarta dan Sumatera Barat.

“Ada 2 mahasiswa dari Sumatera Barat dan 1 orang dari Jakarta, sisanya 48 orang lagi berasal dari Sumatera Utara. Untuk dosen, kita sudah siapkan dosen-dosen muda potensial dari Universitas Negeri Riau (UNRI). Kita juga menyiapkan beragam beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa yang kurang mampu. Kita yakin, STPK Matauli akan mampu mencetak SDM berkualitas dibidang perikanan dan kelautan,” katanya.

Alamat

Sekolah Tinggi Perikanan Dan Kelautan Matauli

Jl. KH. Dewantara No.1, Sibuluan Indah
Kecamatan : Pandan
Kabupaten : Tapanuli Tengah
Provinsi : Sumatera Utara
Kode Pos : 22538

Maps STPK Matauli

Trafik Pengunjung

  • Visitors today : 0
  • Total visitors : 227
Butuh Bantuan? Chat Kami Melalui Whatsapp?